SKEMA
ORGANISASI
Skema
atau bagan organisasi adalah suatu lukisan yang dimaksudkan untuk menggambarkan
susunan organisasi baik mengenai fungsi, bidang, tingkatan maupun rentang
kendalinya.
Macam-macam
Skema Organisasi:
-Berdasarkan
teknik atau cara membuatnya:
Skema organisasi
Tegak Lurus dari atas kebawah
Skema organisasi
Mendatar dari kiri kekanan
Skema organisasi
gabungan Tegak Lurus dan Mendatar
Skema Organisasi
Lingkaran
Skema Organisasi
Gambar
- Berdasarkan isi
atau fungsi didalamnya:
Skema Organisasi
Fungsional:
Menjelaskan
tentang letak dari fungsi-fungsi tugas
dalam hubungannya dengan fungsi-funsi yang lain.
Skema Organisasi
Jabatan
Menjelaskan
tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jabatan masing-masing.
Skema Organisasi
Nama
Menjelaskan
tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat
yang bersangkutan.
Skema Organisasi
Nama dan Jabatan
Menggabungkan
antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama para pejabat dalam suatu
organisasi.
Skema Organisasi
Struktur
Menjelaskan tingkatan jenjang antara
unit-unit dalam organisasi tersebut.
METODE DAN ORGANISASI
Metode adalah tata kerja atau cara
bagaimana sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan seefektif
dan seefissien mungkin dalam proses kegatan manajemen sehingga tidak akan
terjadi kemacetan dan pemborosan bahan baku maupun waktu.
ORGANISASI DAN METODE
Metode
memiliki hubungan yang sangat erat dengan organisasi. Organisasi yang baik
untuk mencapai tujuanya memerlukan manajemen yang baik begitupun sebaliknya
untuk mendapatkan manajemen yang terbaik diperlukan sebuah Organisasi yang memiliki
orang-orang yang terampil, kreatif serta mampu bekerja secara tim untuk
mewujudkan cita-cita yang ingin dicapai oleh organisasi.
Walaupun
sudah memiliki organisasi seta manajemen yang baik masih dibutuhkan satu lagi
sebagai pelengkap yakni Metode, metode sendiri dimaksudkan sebagai alat yang
digunakan sebuah organisasi untuk mencapai tujuanya, tanpa adanya metode yang
tepat maka manajamen yang telah dibuat tidak akan maksimal sehinnga apa yang
ingin dicapai organisasi tidak terpenuhi.
Sehingga
dapat diambil kesimpulan Apabila organisasi, manajemen dan metodenya dilakukan
dengan kerjasama yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan waktu yang ada dapat
dilakukan secara tepat dan lebih terkordinir sesuai dengan proses kegiatan yang
ditetapkan maka untuk mencapai tujuan akan dapat hasil yang lebih efsien dan
efektif serta lebih maksimal. Karena ketiganya jika dilakukan sesuai dengan
tugasnya maka hubungan timbal balik itu akan saling menguntungkan untuk
ketiganya.
Dari
pengertian dan hubungan diatas Organisasi dan metode mengandung maksud:
· Kunci
dan syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
· Mutlak
dalam kegiatan manajemen
· Memanfaatkan
segala sumber dan waktu
· Berguna
untuk peningkatan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan
Refrensi :
- Sukanto dan T Hani Handoko (Organisasi perusahaan)
- Widyanmini dan Izzati ( Pengantar organisasi dan metode)
- Wursanti(Dasar-dasar ilmu organisasi)
0 komentar:
Posting Komentar