Pages

Penentuan Permintaan dan Penawaran

Sabtu, 20 April 2013
 
Sebelum kita membahas tentang langkah penentuan harga penawaran dan permintaan, ada baiknya apabila kita mengetahui pengertian dari penawaran dan permintaan terlebih dahulu.
A. Permintaan (Demand)
Permintan adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.
  • Hukum Permintaan
    “ Jika harga barang/jasa relatif makin rendah maka permintaan terhadap barang/jasa tersebut akan
lebih besar dan sebaliknya,jika barang makin tinggi maka permintaan atas barang tersebut akan semakin menurun,cateris paribus yakni menganggap faktor-faktor lain dianggap tetap (constant)".

Beberapa faktor penentu permintaan adalah :
  1. Harga barang itu sendiri.
  2. Harga barang lain yang berkaitan erat dengan barang tersebut.
  3. Pendapatan rumah tangga dan pendapatan rata-rata masyarakat.
  4. Corak distribusi dalam pendapatan masyarakat.
  5. Cita rasa masyarakat
  6. Jumlah penduduk
  7. Ramalan mengenai keadaan di masa yang akan datang.
Kurva permintaan adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta para pembeli, Kurva permintaan berbagai jenis barang pada umumnya menurun dari kiri ke kanan bawah. Kurva yang demikian disebabkan oleh sifat hubungan antara harga dan jumlah yang diminta yang mempunyai sifat hubungan terbalik.
B. Penawaran (Supply)
Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, pada periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu.
  • Hukum Penawaran
“ Jika harga barang / jasa relatif makin tinggi maka penawaran terhadap barang / jasa tersebut akan lebih besar, dan sebaliknya, jika harga menurun maka penawaran akan ke atas barang tersebut akan semakin berkurang, cateris paribus, yakni faktor-faktor lain dianggap tetap. "

Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :
  1. Harga barang itu sendiri
  2. Harga barang – barang lain
  3. Biaya produksi
  4. Tujuan-tujuan operasi perusahaan tersebut
  5. Tingkat teknologi yang digunakan.
Kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai “Yaitu suatu kurva yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang ditawarkan”.
Kalau penawaran bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke kiri atas. Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar.
 

1 komentar:

{ irsyadisrafil } at: 9 Juli 2019 pukul 07.51 mengatakan...

kak maksud dari cateris paribus itu apa ?

Posting Komentar