Pages

Manusia dan Keindahan

Sabtu, 28 April 2012
Keindahan atau keelokan merupakan sifat dan ciri dari orang, hewan, tempat, objek, atau gagasan yang memberikan pengalaman persepsi kesenangan, bermakna, atau kepuasan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah “kecantikan yang ideal” adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.
     
  Pengalaman “keindahan” sering melibatkan penafsiran beberapa entitas yang seimbang dan selaras dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan daya tarik dan ketenteraman emosional. Karena ini adalah pengalaman subyektif, sering dikatakan bahwa beauty is in the eye of the beholder atau “keindahan itu berada pada mata yang melihatnya.””

Keindahan sendiri berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Seperti pepatah diatas keindahan adalah pendapat pribadi masing-masing atau bisa dibilang selera, manusia satu dengan lainnya pasti memiliki selera dan isi kepala yang berbeda, contohnya saja jika saya berkata bahwa pemandangan di atas gunung pangrango itu indah belum tentu anda akan berpendapat sama bukan?.
         
Dunia tanpa keindahan adalah hampa, seperti sayur yang tidak diberi garam. Keindahan bisa membawa perdamaian di dunia ini namun juga bisa membawa perpecahan. Contohnya saja wanita sebagai makhluk yang diciptakan indah jika dia tidak bisa menjaga pakaian dan auratnya itu akan menimbulkan kejahatan baginya dan bagi orang-orang disekelilingnya.

          Jika berbicara masalah keindahan, saya paling suka untuk mengulik keindahan di dalam negeri kita sendiri, Indonesia adalah “intan yang melingkari zamrud di selatan khatulistiwa” begitu indahnya negeri kita sampai-sampai orang-orang yang pernah bertandang ke Indonesia menjuluki nya dengan pepatah tadi.

          Indonesia adalah negeri yang elok, dimana tanaman dapat tumbuh tanpa kita tanam, padi yang menguning seakan mengajak kita berdansa, laut yang biru memanjakan mata kita dan barisan gunung-gunung nya menambah deretan hal yang memperindah Indonesia.
         
Manusia dan keindahan tidak dapat dipisahkan karena manusia hidup untuk mencari keindahan, oleh karena itu sayangi dan jagalah semua hal yang kalian anggap indah di dunia ini.

0 komentar:

Posting Komentar