Pages

ANALISIS E-GOVERMENT KOTA DENPASAR

Jumat, 09 Januari 2015

Berikut ini merupakan hasil analisa dari website Kota Denpasar berdasarkan panduan dari KOMINFO (2003):
a)    Selayang Pandang
Website dari Kota Denpasar memiliki penjelasan mengenai sejarah dari kota tersebut. Pada navigasi menu selayang pandang/ tentang tersebut juga terdapat beberapa pilihan yang dapat dipilih oleh pengguna yang mengunjungi website tersebut seperti penjelasan mengenai sekilas kota denpasar yang berisikan visi-misi Kota Denpasar beserta arti lambang Kota Denpasar, kondisi geografi, kondisi ekonomi, kondisi kemasyarakatan, kondisi pemerintahan dan juga kebijakan yang diterapkan dalam pemerintahan Kota Denpasar. Website ini juga mencantumkan slogan atau motto dari Kota Denpasar yaitu “Puradhiva Bhara Bhavana”

b)    Pemerintah Daerah
Kelengkapan penjelasan mengenai Pemerintah pada website Kota Denpasar ini dapat dikatakan cukup lengkap, karena pada menu Pemerintah terdapat menu eksekutif yang berisi pejabat pemerintahan setingkat eksekutif di Kota Denpasar, terdapat pula nama, jabatan serta alamat tinggal pejabat eksekutif tersebut, , terdpat pula menu legisatif yang berisi data nama dan jabatan pejabat pemerintahan setingkat legislatif, lalu ada menu email yang berisi alamat email pejabat pemerintahan mulai dari pimpinan Pemkot sampai Camat yang dapat dihubungi oleh pengunjung website terakhir terdapat menu situs instansi yang berisi kumpulan situs instansi yang berada di Kota Denpasar. Namun pada menu pemerintahan ini biodata pejabat eksekutif maupun legislatif tidak dicatumkan NIP dan waktu mulai menjabat.

c)    Geografi

Website ini menjelaskan kondisi geografis dari Kota Denpasar secara lengkap mulai dari letak astronomi, luas wilayah, luas lahan per kecamatan dan juga kondisi iklim nya, website ini juga menjelaskan mengenai kondisi ekonomi, kemasyarakatan dan kondisi pemerintahan secara jelas.

d)    Peta Wilayah dan Sumberdaya
Website ini hanya menyajikan berupa peta kota dilihat dari segi prespektif saja, namun website ini belum dapat menyajikan batas administrasi wilayah serta sumberdaya yang dimiliki oleh kota Denpasar dalam bentuk peta.

e)    Peraturan/ Kebijakan daerah
Dalam website kota Denpasar informasi kebijakan daerah memang dicantumkan namun untuk Perda secara lengkap tidak ditampilkan, namun dapat diunduh terpisah dengan format file .pdf

f)    Buku Tamu
Website ini telah dilengkapi dengan fitur buku tamu yang digunakan pengguna sebagai tempat untuk memberikan kritik dan saran kepada pemda kota Denpasar berupa kuisioner tentang kinerja website yang dapat diisi oleh pengunjung website, lalu website ini juga dilengkapi dengan perhitungan jumlah pengunjung Selain itu website ini juga telah dilengkapi dengan info hubungi kami dan juga informasi mengenai akun social media dari Bagian PDEI Setda Kota Denpasar untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan saran dan aspirasi.

Berikut adalah tabel unit analisis e-goverment dan pengkategorisasian nya :
1.    Informasi Menu Utama Dalam Website
a.    Potensi Daerah
Nilai indikator website Kota Denpasar untuk kategori potensi daerah adalah 4. Hal ini dikarenakan informasi potensi daerah yang terdapat dalam website ini memiliki kualitas yang baik terutama dibidang pariwisata dan kebudayaan nya. Website ini memiliki 6 informasi potensi daerah, yaitu pariwisata, budaya, tenaga kerja, pertanian, perindustrian, dan perdagangan.
b.    Komoditas Utama
Nilai indikator untuk kategori komoditas utama dalam website ini adalah 2 dan dapat dikategorikan buruk karena hanya berisi menganai informasi pertanian dan juga pengolahan industri.
c.    Kualitas SDM
Nilai indikator website ini dalam kategori kualitas SDM adalah 4 yang dapat dikategorikan Baik, karena didalam website ini memiliki lebih dari 3 kriteria yaitu memiliki informasi laju pertumbuhan penduduk, jumlah kepadatan penduduk, jumlah penduduk berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin dan juga penggolongan penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dan agama yang berkisar pada tahun 2011.

2.    Informasi Tambahan Dalam Fasilitas Website
a.    Tahap I
Nilai indikator website ini untuk kategori tahap I yang meliputi informasi pendidikan dan pengetahuan adalah 3. Hal ini disebabkan website Kota Denpasar memiliki 2 informasi kualitas SDM dengan tahun penerbitan 2007-2003, range nilai tersebut memiliki keterangan yang baik, karena infomasi yang ditampilkan lengkap mulai dari jumlah sekolah, jumlah pelajar, jumlah guru, berita pendidikan dan pengetahuan.
b.    Tahap II
Nilai indikator pada website ini memiliki nilai 5 yaitu sangat baik, karena website Kota Denpasar memiliki lebih dari 2 informasi lengkap mengenai perniagaan diantara nya informasi pasar, informasi restoran dan juga berita perniagaan yang lengkap dengan tahun penerbitan (2013-2014).
c.    Tahap III
Nilai indikator untuk tahap III ini adalah 4 atau dapat dikatakan baik, hal ini disebabkan website Kota Denpasar hanya memiliki 5 informasi tahap yang berupa Layanan masyarakat, Informasi kegiatan Pemda, Pengumuman lelang, layanan pendudukan dan perizinan dan juga Informasi Kesehatan.

3.    Penyedia hubungan

a.    G2C (Goverment to Citizen)
Nilai indikator website ini untuk kategori G2C (Goverment to Citizen) adalah 5 yaitu sangat baik, karena dalam website Kota Denpasar ini tersedia forum komunikasi pengunjung, Buku Tamu, Webmail dan juga kontak yang dapat mendukung komunikasi antar masyarakat dengan pemerintah Kota Denpasar melalui website ini.
b.    G2B (Goverment to Bussiness)
Nilai indikator website ini untuk kategori G2B (Goverment to Bussiness) adalah 4 yaitu  baik, karena dalam website Kota Denpasar ini tersedia informasi mengenasi kerjasama pemerintah dengan perusahaan bisnis untuk mendapatkan keuntungan, dimana kriteria yang terdapat dalam website ini adalah adanya hubungan pemerintah dengan sektor pariwisata, perniagaan dan juga perindustrian.
c.    G2G (Goverment to Goverment)
Nilai indikator website ini untuk kategori G2G (Goverment to Goverment) adalah 2 yaitu buruk, karena dalam website ini hanya menampilkan 1 hubungan website dengan lembaga dibawah pemerintahan.

4.    Aksesibiltas
Nilai indikator website ini untuk kategori aksesibilitas adalah 3.5. Hal ini dikarenakan kecepatan jaringan dalam mengakses setiap menu pada website Kota Denpasar cukup, dengan aksesabilitas sebesar 17,08 detik. Aksesibilitas tersebut diperoleh berdasarkan situs penghitungan kecepatan jaringan yang beralamat http://gtmetrix.com dengan percobaan sebanyak 3x percobaan.

5.    Design
a.    Animasi
Nilai indikator pada website ini adalah 5 yaitu sangat baik, karena memenuhi 4 jenis kriteria design animasi yaitu tersedianya animasi, interaktif, kejelasan informasi dan juga animasi yang ditata dengan rapi.
b.    Grafis
Nilai indikator grafis pada webite ini adalah 5 yaitu sangat baik karena memenuhi 4 kriteria yaitu warna yang senada, terdapat gambar yang dpat menunjang kelengkapan informasi, ukuran huruf yang senada serta pengaturan tata letak yang baik, sehingga menu pada website Kota Denpasar mudah digunakan.
c.    Teks lengkap
Indikator teks lengkap untuk website Kota Denpasar ini adalah 5 yaitu sangat baik, karena memenhi semua kriteria penilaian yang ada yaitu bahasa yang dipakai adalah bahasa yang mudah dimengerti, pemilihan kata yang interaktif, kelengkapan huruf san format penulisan yang baik sesuai dengan EYD.

6.    Jumlah Tingkat Informasi

a.    1 Tingkat
Nilai indikator 1 tingkat ini memiliki nilai 2 yaitu buruk, karena hanya terdapat 1 informasi yaitu informasi kelembagaan.
b.    2 Tingkat
Nilai indikator 2 tingkat pada website Kota Denpasar ini adalah 4 yaitu baik, karena memenuhi 3 kriteria penilaian yaitu terdapatnya informasi pubik interaktif, link interface dengan lembaga lain dan link dengan social media.
c.    3 Tingkat
Pada website ini nilai indikator 3 tingkat nya memiliki nilai 2 karena dalam website Kota Denpasar hanya terdapat informasi transaksi layanan publik saja.
d.    4 Tingkat
Pada website ini nilai indikator 4 tingkat nya memiliki nilai 4 yaitu baik karena terdapat 2 aplikasi layanan untuk G2C (Goverment to Citizen) dan G2G (Goverment to Goverment)





1 komentar:

{ bestfriend } at: 26 Agustus 2018 pukul 22.55 mengatakan...

salam sehat selalu,
carms

Posting Komentar